Pages

Jumat, 21 Desember 2012

Peyakit Paru-Paru

A. Pengertian Paru – Paru

         
         Paru-paru adalah salah satu organ pada sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah. Proses ini dinamakan sebagai respirasi dengan menggunakan bantuan haemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah O2 didalam darah diikat oleh haemoglobin, selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh.∞ Pada sistem pernafasan, udara dari luar yang banyak mengandung O2 masuk melalui hidung karena tekanan udara di paru-paru lebih rendah daripada tekanan lingkungan luar tubuh. Dari hidung udara masuk ke trachea lalu menuju paru-paru melalui bronchial tube dan bronchiole. Pertukaran O2 dan CO2 antara darah dan udara terjadi di alveoli yang dikelilingi banyak pembuluh darah. Udara di paru-paru yang kini banyak mengandung CO2 dikeluarkan melalui organ pernafasan akibat tekanan paru-paru berubah menjadi lebih tinggi dibandingkan lingkungan luar tubuh.∞ Perubahan tekanan pada paru-paru diatur oleh otot diagfragma, otot dada dan tulang disekitar dada.

B. Penyakit Paru-Paru 

1.Tuberkulosis (TBC)• Penyebab:Penyakit TBC disebabkan oleh bakteriMycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapatmenular melalui percikan ludah saat penderitabatuk.• Gejala:Batuk berdahak lebih dari tiga minggu. Dapat jugadisertai batuk yang mengeluarkan darah. Penderitaakan mengalami demam khususnya pada siangatau sore, berkeringat pada malam hari. Nafsumakan menurun sehingga mengakibatkan badanmenjadi kurus.Pengobatan:•Pengobatan untuk TBC bila sudah diketahui sejakdini sebenarnya tidak terlalu mahal dan mudahuntuk disembuhkan karena sudah ada obat yangdisediakan pemerintah. Bila diperlukan, penderitaTBC dapat juga dikarantina di tempat khusus agartidak menularkan penyakitnya.

2.Asma• Penyebab:Penyebab asma adalah penyempitan sementarapada saluran pernapasan yang dapatmenyebabkan penderitanya merasakan sesaknapas. Penyempitan terjadi pada pembuluhtenggorokan.• Gejala:Sesak napas disertai suara mengi (wheezing)• Pencegahan dan solusi:Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergipada penderita sehingga terjadi serangan asma.Misalnya dengan membersihkan debu pada kasur,bantal atau selimut. Hindari suhu dan kelembabanyang ekstrim, binatang piaran atau makanan yangdapat menimbulkan alergi.• Pengobatan:Untuk mengatasi serangan asma adalah denganmenggunakan obat pelega (bronchodilator) dengancara dihirup. Cara lainnya adalah denganmelakukan terapi yang akan mengajarkanbagaimana caranya rileks dan mengatur napasapabila terjadi serangan asma.

3. Bronkitis• Penyebab:Penyakit bronkitis karena peradanganpada bronkus (saluran yang membawaudara menuju paru-paru). Penyebabnyabisa karena infeksi kuman, bakteri atauvirus. Penyebab lainnya adalah asap rokok,debu, atau polutan udara.• Gejala:Batuk disertai demam atau dahak berwarna•kuning bila disebabkan oleh infeksi kuman.Sedangkan bila bersifat kronik, batukberdahak serta sesak napas selamabeberapa bulan sampai beberapa tahun.• Pengobatan:•Untuk pengobatan bila disebabkan olehbakteri atau kuman dapat diatasi denganmeminum antibiotik sesuai anjuran dokter.Bila disebabkan oleh virus, biasanyadigunakan obat-obatan untuk meringankangejala.

4. Pneumonia• Penyebab:Pneumonia merupakan infeksi yangterjadi pada jaringan paru (parenkim)yang disebabkan oleh bakteri, virusatau jamur. Umumnya disebabkanoleh bakteri streptokokus(Streptococcus) dan bakteriMycoplasma pneumoniae.• Gejala:Batuk berdahak dengan dahakkental dan berwarna kuning, sakitpada dada, dan sesak napas jugadisertai demam tinggi.• Pengobatan:Apabila telah menderita pneumonia,biasanya disembuhkan denganmeminum antibiotik.

5. Emfisema• Penyebab:Emfisema disebabkan karena hilangnya elastisitasalveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru. Padapenderita emfisema, volume paru-paru lebih besardibandingkan dengan orang yang sehat karenakarbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dariparu-paru terperangkap didalamnya. Asap rokokdan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalahpenyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini.• Gejala:Sesak napas dalam waktu lama dan tidak dapatdisembuhkan dengan obat pelega yang biasadigunakan penderita sesak napas. Nafsu makanyang menurun dan berat badan yang menurun jugabiasa dialami penderita emfisema.• Pencegahan dan solusi:Menghindari asap rokok adalah langkah terbaikuntuk mencegah penyakit ini. Berhenti merokok jugasangat penting.

6. Kanker Paru – ParuKanker telah menjadi penyakit yangmematikan, bahkan kanker paru-parumerupakan pembunuh pertamadibandingkan kanker lainnya. Sel tumoratau kanker yang tumbuh di paru-parudialami oleh penderita kanker paru-paru.Kanker dapat tumbuh di jaringan ini dandapat menyebar ke bagian lain.•Penyebab:Penyebab utamanya adalah asap rokokyang mengandung banyak zat beracun dandihisap masuk ke paru-paru dan telahterakumulasi selama puluhan tahunmenyebabkan mutasi pada sel salurannapas dan menyebabkan terjadinya selkanker.• Gejala:Batuk, sakit pada dada, sesak napas, batukberdarah, mudah lelah dan berat badanmenurun. Tetapi seperti pada jenis kankerlainnya, gejala umumnya baru terlihatapabila kanker ini sudah tumbuh besar atautelah menyebar.• Pencegahan dan solusi:Menghindari rokok dan asap rokok jugabanyak mengkonsumsi makanan bergiziyang banyak mengandung antioksidanuntuk mencegah timbulnya sel kanker.




0 komentar:

Posting Komentar